Why Informatics Engineering




Kata Pengantar

Puji syukur Aku panjatkan Kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas Penyertaan-Nya sehingga Aku dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini dari nol sampai print-out.
Makalah ini berisi tentang alasan Ku kenapa memilih jurusan Teknik Informatika juga mungkin sedikit tentang pribadi Ku termasuk Visi dan Misi yang ingin Ku capai setelah dan sebelum lulus.
Tentu Aku tidak tahu apakah makalah ini penting untuk orang lain jika Mereka (Pembaca) tidak mengirimi Ku email (cek di halaman akhir), Apakah tulisan ini punya dampak besar atau hanya sekumpulan omong kosong, Well It’s Yours!
Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun tentunya, baik dari Positive-Thinkers dan Negative-Thinkers saya terima.









BAB 1. Pendahuluan


A.  Latar Belakang
Semua ini berangkat dari masalah yang ada disekitar Ku, dari mulai masalah kecil sampai masalah yang besar yang bisa diselesaikan atau dipermudah dengan teknologi, misalnya cara absensi dikelas, penempatan informasi di mall atau dibandara, dan banyak hal lagi.
Memang tidak biasa atau mungkin dianggap konyol, dimana kebanyakan orang hanya memikirkan prospek kerja dari jurusan mereka, Aku malah lebih perhatian ke problem-seeker dan problem-solving, Tapi Aku anggap inilah bagian menariknya!


B.   Batasan Masalah
Dalam makalah ini Aku hanya menguraikan hal-hal seperti:
·                    Visi dan Misi
·                    Alasan Memilih Teknik Informatika di Universitas Gunadarma



C.   Tujuan dan Manfaat
Tentu, Tujuan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah “Ilmu Sosial Dasar” dan Aku berharap makalah ini bisa memberikan pandangan yang berbeda tentang jurusan Teknik Informatika.

















BAB 2. Pembahasan


A.  Visi dan Misi
Kita tinggal digalaksi bima sakti, tempat yang sangat luas yang memungkinkan kita untuk diam, tersesat atau bergerak ke arah yang benar. Bahkan jika Kau memiliki kompas dan peta itu tidak akan menjamin sampai ke tempat ketujuan.
Lalu apa yang membuat kita sampai ke tempat tujuan? hanya Kau sendirilah yang bisa menjamin, You’re on pilot seat kau harus mempunyai Visi dan Misi.
Well, Aku rasa intro nya cukup sampai disitu. I’ll tell you the best part, of course this is just a little bit. Visi adalah pandangan jauh kedepan/arah kemana kita akan bergerak untuk mencapai target.
Aku pribadi ingin menjadi seorang TechnoPreneur. Let’s Say Aku adalah Visioner Aku orang yang melihat jauh kedepan lebih jauh dari jarak pandang mata Ku, Aku ingin menjadi bagian penting dari kehidupan ini, Aku ingin jadi Innovator, Aku ingin jadi Tokoh Dunia, Aku ingin jadi bagian sejarah.
Well, Aku yakin sebagian orang menganggap itu adalah hal yang berlebihan tapi mungkin karena mereka

(Negative-Thinker) memiliki kapasistas yang kecil maka dari itu mereka menganggap hal yang berlebihan. Kembali ke topik, Aku akan memaparkan Misi untuk mencapai cita – cita ku:

Memulai!
Mungkin ini dianggap hal yang sederhana tapi percayalah eksekusi tidak sesederhana judulnya. Kita tau banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai sesuatu, dan kalaupun persiapan sudah terpenuhi kita tetap menemukan banyak masalah didepan sana, Brace yourself!



"The Hardest part is getting started"
-      Anonymous









Memperluas dan Memelihara Lingkaran Pertemanan
Hal ini sudah pasti sering kita dengar dan pasti kebanyakan dari kita menganggap ini adalah hal sepele tapi percayalah ini adalah hal yang sangat crucial, kita sepakat bahwa kita dibentuk oleh lingkungan sekitar kita.
Jadi dari pada berada dilingkungan yang salah dan membiarkan diri kita hancur, Ayo bangun lingkungan yang benar dan jadilah pribadi yang luar biasa.

Belajar Hal Teknis dari Passion
Ya, kita sudah sampai ke hal yang sangat penting! Kalau di intro Visi dan Misi kita berbicara kompas dan peta, Ini adalah Rocket -nya dengan ini Aku akan menjelajah galaksi bima sakti yang luas ini. Membekali diri dengan pengalaman yang banyak dan baik.


"The only source of knowledge is experience
Anything else is just information"
-      Albert Einstein





Being a leader
As an Introvert, ini adalah hal yang benar – benar sulit untuk Ku tidak seperti kebanyakan teman-teman Ku yang aktif ber-organisasi dimasa sekolahnya, Sejak kecil Aku hanya hidup bersama games dan fantasi bualan itu, but it's kind of happiness, I guess.
Banyak juga Leader hebat yang sebenar nya adalah seorang Introvert seperti Mark Zuckerberg, Bill Gates, Barack Obama, Marissa Mayer dsb. Dengan melihat mereka, Aku rasa aku tidak punya alasan lagi untuk membatasi diri untuk menjadi seorang TechnoPreneur.
Mungkin banyak bertanya “Kenapa Harus Jadi seorang pemimpin?” Aku sudah memaparkan Visi ku diatas, sangat banyak bukan? Membacanya saja mungkin sudah bosan ya? Well, Karena Aku punya banyak hal yang harus dicapai Aku butuh banyak orang, Aku butuh bantuan untuk menyelesaikan masalah.


"If you want to go fast go alone, If you want to go far, go together"
- Warren Buffet




B. Alasan memilih Teknik Informatika di Universitas Gunadarma
Kita tahu banyak universitas di Indonesia ini dan entah kenapa akhirnya Aku ada di Universitas Gundarma. Aku realistis, ditolak PTN adalah alasan utama, seperti yang sudah Aku bilang di Poin kedua di Visi dan Misi yaitu Memperluas dan Merawat Lingkaran Pertemanan, Itu adalah alasan kedua Lalu yang terakhir karena banyak prestasi yang terbilang Hebat di Gunadarma.
Kalau boleh dibilang sebenarnya Aku lebih suka Self Taught dari pada kuliah. Aku merasa pada saat Aku kuliah Aku hanya dihadapkan pada kesibukan yang membatasi kegiatan Ku diluar kuliah, Kalo boleh Aku bilang untuk kesibukan dikuliah ini bukannya membantu malah menggangu.
Disisi lain juga Aku tidak bisa menyalahkan Universitas Gunadarma, Yang Aku lihat disini sebenarnya adalah Gunadarma mencoba membentuk Mahasiswa baru untuk lebih cepat mengenal apa yang ada didepan mereka dan alhasil hampir tidak ada Mahasiswa Gunadarma yang GAPTEK, Good Job Gunadarma!
Aku Cuma bisa berharap supaya pihak gunadarma memperbaiki sistem ini agar mahasiswa yang punya kesibukan diluar perkuliahan tidak terganggu dan diwaktu yang sama mahasiswa lain juga bisa dengan cepat menguasai materi yang ada dijurusannya tanpa harus merebut semua waktunya.
Balik lagi ke alasan Ku masuk Gunadarma, Seperti yang sudah Ku katakan lingkungan akan membentuk kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, Aku harus ada dilingkungan orang-orang hebat maksud Ku disini adalah mahasiswa-mahasiswa Gunadarma, sejauh ini setelah saya melihat senior senior dan teman teman dikelas semua nya masih ada didalam ekspektasi Ku.


BAB 3 – Penutup


A. Kesimpulan
Dari hasil pembahasan makalah ini maka kesimpulan yang bisa diambil adalah Bahwa Teknik Informatika bukan sekedar coding atau prospek pekerjaan yang hanya menjadi programmer akan tetapi adalah yang lebih mendasar yaitu pada Problem-Solving dengan teknologi.
Dan Juga untuk menjadi sukses di jurusan yang khususnya Teknik Informatika, Kita harus punya Visi dan Misi, Jika kita memegang teguh akan hal ini, kita pasti akan sukses.

B. Saran
Menurut Ku, masih banyak pandangan yang salah akan jurusan Teknik Informatika. Banyak orang beranggapan itu hanya masalah coding disini Aku ingin mengajak kalian untuk berpikir dengan cara yang berbeda dan jangan menelan informasi bulat-bulat tapi cobalah menyikapi nya dengan cara yang berbeda dan cobalah untuk mencari informasi lebih detil jangan hanya tau kulit luar nya saja.



Psst! You can email me here: fernandogasm@gmail.com
3 komentar

3 komentar :